top of page
Search
  • Writer's pictureSport For you

Sekilas Tentang Olahraga Baseball




Oleh Umi Septiani

Olahraga asal Amerika Serikat ini merupakan olahraga yang dimainkan dua tim. Pelempar (pitcher) dari tim yang melempar berusaha melempar bola yang disebut bola bisbol, sedangkan pemain (batter) dari tim yang memukul berusaha memukul bola dengan menggunakan tongkat pemukul (bat).



Dalam olahraga Baseball ada beberapa teknik dasar yang harus perhatikan. Teknik pertama yaitu melempar bola dalam melempar bola para pelempar tidak boleh sembarangan dalam melempar. Harus menggunakan teknik yang benar sehinggal pemukul tidak bisa memukul yang diberikan. Cara melempar bola dalam Baseball yang benar adalah dengan mengayunkan tangan dari atas dan melempar bola tepat ke arah pemukul. Teknik kedua yaitu memegang stick, teknik ini perlu untuk diperhatikan supaya tidak menimbulkan cedera saat memukul bola. Cara yang baik dalam memegang stick baseball harus dipegang dengan menggunakan kedua tangan dengan erat agar stick tidak terlepas saat memukul bola.




Teknik ketiga yaitu memukul bola, pemukul merupakan peran yang sangat penting dalam baseball karena jika satu pemukul gagal maka berakibat fatal bagi satu tim. Jadi pemukul harus dapat memukul dengan kuat dan juga dapat melihat dengan cepat darimana arah datangnya bola. Terakhir ada teknik menangkap bola, dibutuhkan sebuah teknik untuk dapat menagkap bola yang dilempat dengan keras. Jika tubuh berada semakin dekat dengan bola, maka kesempatan untuk menangkap bola menjadi semakin besar.




Baseball sangat populer di beberapa negara seperti Amerika negara asalnya dan Korea Selatan. Pertandingan Baseball menjadi tontonan waktu luang karena sangat banyak orang yang menontonnya, bahkan pertandingannya menjadi acara yang rutin akan diadakan. Orang yang menonton pertandingan Baseball di stadion sangat banyak, hingga bisa disandingkan dengan penonton sepak bola olahraga yang sangat populer di dunia. Biasanya di Korea Selatan setiap klub mempunyai cheermaster (selebritas, girl band, boy band, hingga penyanyi) yang bertanggung jawab meramaikan suasana pertandingan.


Sayangnya olahraga Baseball tidak begitu banyak peminatnya di Indonesia, bahkan pertandingannya pun sangat jarang ditemukan. Banyak masyarakat Indonesia berfikir bahwa baseball adalah olahraga yang mahal karena untuk harga perlengkapan bermain Baseball yang sangat mahal. Permainan Baseball juga termasuk yang rumit karena memiliki banyak peraturan tidak bisa sembarangan bermain. Yang paling disayangkan adalah di Indonesia sendiri fasilitas resmi untuk bermain Baseball ini sangat sedikit di Jakarta sendiri hanya terdapat di Senayan dan Rawamangun.

89 views0 comments

Comments


Post: Blog2 Post
bottom of page