top of page
Search
  • Writer's pictureSport For you

Trend E-Sport Menjadi Karir



Oleh Anggaly Syahputra

Esports merupakan salah satu olahraga elektronik di bidang kompetitif, yang biasa menggunakan media game sebagai bidang kompetitifnya, esports itu berbeda dengan gaming, Esports itu profesi sedangkan gaming itu rekreasi. Kompetisi pertama esports di dunia yaitu mahasiswa Standford bertanding Spacewar untuk merebutkan hadiah 1 tahun langganan gratis majalah Rolling Stones. Kalau dulu, ini tuh hadiah paling menarik.


Memasuki awal 2000-an, mulai muncul World Cyber Games dan Electronic Sports World Cup yang membawa perusahaan lebih besar lagi ke dalam eSport.  Korea Selatan bisa dikatakan merupakan tempat lahirnya eSport modern, karena mereka punya kecepatan internet yang luar biasa dan membuat warnet-warnet serta game center berkembang sangat pesat.  Bahkan, turnamen eSport yang pertama kali disiarkan di TV juga berasal dari Korea Selatan dengan game StarCraft: Blood War, yang pada akhirnya jadi game paling populer untuk dipertandingkan. 


Hingga saat ini, hadiah terbesar jatuh pada kompetisi DotA 2 ‘The International’ yang punya total hadiah $219 juta atau setara dengan Rp 3.213.507.450.000 (Rp 3 trilliun).  Namun esports itu bukan hanya seorang atlet esports tetapi ada profesi lainnya di Esports, diantaranya


~ Caster atau komentator yang bertugas untuk meramaikan acara saat pertandingan berlangsung

~ Analis tugasnya memberi insight atau menganalisa jalannya pertandingan

~ Coach atau pelatih yang bertujuan untuk melatih semua para atlet Esports agar bisa lebih maksimal saat bertanding

~ Manajer, bertugas mengatur jadwal tim untuk membangun kekompakan, ia bertanggung jawab penuh atas semua kontrak para atlet esports serta mencari tim dan memotivasi para timnya.

~MC Selain jadi caster, untuk kamu yang pede berbicara di depan banyak orang dan ingin masuk ke ranah eSport, kamu bisa menjadi pembawa acara turnament eSport, Tapi tetap ya, pembawa acara juga harus dan wajib paham soal game yang dipertandingkan. 


Nah, itu dia guys, semua hal tentang eSport mulai dari artinya,sejarahnya, hingga beragam profesi yang ada di dalamnya.


Sumber :

61 views0 comments

Comments


Post: Blog2 Post
bottom of page